04 July 2014

Minggu Pertama Magang di Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung

Lokasi : Jln. KH. Ahmad Dahlan No.53
dekat hotel Horison dan toko buku Palasari
Kegiatan di minggu pertama adalah penyesuaian dengan lingkungan kerja dan mengenal sistem informasi Rumah Sakit Umum Muhammadiyah Bandung. Kami (saya dan panji) memulai kegiatan magang di RSU Muhammadiyah tanggal 26 Juni 2014. Sebelum melaksanakan kegiatan magang, kami bertemu dengan ibu Yanti (Direktur Personalia) untuk membahas tentang keadaan IT di RSU Muhammadiyah Bandung. RSU Muhammadiyah Bandung sudah memiliki sistem yang baru saja di launching sekitar tanggal 1 Juni 2014, banyak kendala yang dialami selama penerapan sistem SIM-RS RSMB terutama untuk para user yaitu perawat. Perpindahan dari manual ke sistem terkomputerisasi memang tidaklah mudah, kita perlu merubah beberapa kebiasaan dan meyakinkan user bahwa dengan menggunakan sistem ini akan memudahkan dalam proses pelayanan yang terpadu.

Tujuan utama yang ingin dicapai dari sistem yang telah dibangun ini adalah untuk memudahkan dan mempercepat proses pelayanan terutama pada saat administrasi pasien pulang atau meninggal. Sebelum adanya SIM-RS RSMB untuk pelayanan pasien meninggal atau pasien pulang untuk penyelesaian administrasi membutuhkan waktu sekitar 6 jam. Kegiatan yang dilakukan adalah pemberkasan dan pembayaran biaya untuk perawatan di selama dirawat di Rumah Sakit.

Kami ditempatkan di bagian IT RSU Muhammadiyah Bandung dengan posisi IT Support dan Pengawasan Lapangan. Tim IT RSU Muhammadiyah Bandung beranggotakan 2 orang namun karena sedang ada proyek pembuatan SIM-RS maka dibantu oleh 2 orang Senior Programmer, 2 orang Junior Programmer, 1 orang Sistem Analis dan 2 orang IT Support. Kemudian kami ditugaskan untuk membantu penerapan sistem, error and troubleshoot report, pengecekan data dan membantu administrasi. Data dan temuan kami di lapangan digunakan untuk melaporkan permasalahan yang ada baik dilingkup sistem maupun user dan nantinya akan menjadi bahan pertimbangan oleh pimpinan Rumah Sakit.

Rincian Kegiatan :
Kegiatan Kamis, 26 Juni 2014
  1. Pemberkasan kegiatan PKL(Praktik Kerja Lapangan) meliputi :Data identitas diri, pembayaran biaya administrasi dan pembuatan ID Card.
  2. Pengenalan dan penempatan di departement IT RSMB.
  3. Penyusunan Jobdesc
Kegiatan Jum'at, 27 Juni 2014
  1. Pemberian materi dan penjelasan tentang jobdesc 
  2. Pengenalan sistem RSMB dan pelatihan aplikasi keperawatan 
  3. Pengenalan lingkungan kerja
Kegiatan Sabtu, 28 Juni 2014
  1. Pengecekan data tindakan disetiap ruangan. Beberapa ruangan yang di cek adalah PU (Perawatan Umum), PERI (Perawatan Bayi), PK (Perawatan Kandungan), VIP DS (VIP Dewi Sartika), Raudhah (Lantai 3,4,5) dan ICU.
  2. Input beberapa tindakan untuk pasien yang akan pulang di PU, PERI dan DS.
Kendala
  1. Data perpindahan kamar kurang diperhatikan oleh petugas input di ruangan PU dan DS.Beberapa data catatan tindakan tidak sesuai dengan yang ada di berkas status. 
  2. Keluhan dari petugas di ruangan PK tentang tindakan operasi ODS untuk pasien rawat inap.
Keterangan
Semua kendala telah disampaikan kepada pelaksana teknik SIM-RS di IT RSMB dan telah di klarifikasi.

Kegiatan Senin, 30 Juni 2014
  1. Pengecekan data tindakan disetiap ruangan. Beberapa ruangan yang di cek adalah PU (Perawatan Umum), PERI (Perawatan Bayi), PK (Perawatan Kandungan), VIP DS (VIP Dewi Sartika), Raudhah (Lantai 3,4,5) dan ICU.
  2. Input beberapa tindakan untuk pasien yang akan pulang di PU, PERI dan VIP DS.
  3. Mengikuti kajian rutin selama bulan ramadhan di masjid RS Muhammadiyah di isi oleh ustad Jamjam
Kendala
  1. Data tindakan di ruangan PK dan PERI diinputkan tidak realtime. (contoh untuk tanggal 28, 29 belum masuk). Beberapa data pasien belum diberi keterangan status keluar. 
  2. Jaringan bermasalah pada tanggal 29 Juni 2014, sistem tidak dapat memunculkan data.
Keterangan
Semua kendala sudah dilaporkan ke IT-RSMB, untuk masalah jaringan sudah diperbaiki oleh bapak Eko.

Kegiatan Selasa, 01 Juli 2014
  1. Pengecekan data tindakan disetiap ruangan. Beberapa ruangan yang di cek adalah PU (Perawatan Umum), PERI (Perawatan Bayi), PK (Perawatan Kandungan), VIP DS (VIP Dewi Sartika), Raudhah (Lantai 3,4,5) dan ICU.
  2. Mengikuti kajian rutin selama bulan ramadhan di masjid RS Muhammadiyah tentang kajian Ramadhan.
Kendala
  1. Diruangan PK data yang dimasukan tidak update, ada beberapa tindakan yang belum dimasukan beberapa hari sebelumnya.
  2. Terdapat kesalahan input tanggal di ruangan PU untuk pasien atasnama Evi dan Enco.
  3. Keterangan yang tidak cocok dengan status untuk data pasien pulang atasnama Asep.
Keterangan
Dari semua kendala telah dikonfirmasi kepada kepala ruang yang bersangkutan dan telah diverifikasi ulang.

Kegiatan Rabu, 02 Juli 2014
  1. Pengecekan data tindakan disetiap ruangan. Beberapa ruangan yang di cek adalah PU (Perawatan Umum), PERI (Perawatan Bayi), PK (Perawatan Kandungan), VIP DS (VIP Dewi Sartika), Raudhah (Lantai 3,4,5) dan ICU.
  2. Mengikuti kajian rutin selama bulan ramadhan di masjid RS Muhammadiyah tentang kajian Al-Qur'an.
Kendala
  1. Terjadi kesalahan pada jaringan, data yang dimuat dari database tidak muncul dan sistem tidak merespon setiap aksi input yang dilakukan oleh user.
  2. Diruang VIP DS ada pasien pulang, namun ada tindakan yang salah dimasukan kemudian data tindakan tersebut tidak bisa dihapus.
Keterangan
Kendala yang terjadi telah dilaporkan kepada IT-RSMB, untuk masalah jaringan telah diselesaikan oleh bapak Eko dan untuk permasalahan input tindakan telah dikonfirmasi oleh Indra.

Kegiatan Kamis, 03 Juli 2014
  1. Pengecekan data tindakan disetiap ruangan. Beberapa ruangan yang di cek adalah PU (Perawatan Umum), PERI (Perawatan Bayi), PK (Perawatan Kandungan), VIP DS (VIP Dewi Sartika), Raudhah (Lantai 3,4,5) dan ICU.
  2. Mengikuti kajian rutin selama bulan ramadhan di masjid RS Muhammadiyah tentang latihan pembacaaan Al-Qur'an yang baik dan benar.
Kendala
  1. Ada beberapa barang diruangan PERI Bayi belum dimasukan kedalam database yaitu Diapers dan Tisu basah.
  2. Terdapat kesalahan input dalam pemulangan pasien diruangan PERI.
  3. Sistem SIM-RS yang di akses diruang VIP DS sangat lambat.
Keterangan
Semua kendala telah dilaporkan dan dikonfirmasi oleh bapak Opick, pak Eko dan team IT-RSMB.


5 comments :

  1. mantap artikelnya, lanjutkan gan!!

    ReplyDelete
  2. Wah, seru juga pengalaman magangnya !

    Jadi inget Tempat Magang Di Jogja dulu sewaktu belajar tentang dunia internet marketing.
    Nggak kalah seru lah, meski gak punya basic IT tapi tetap dibimbing 3 bulan sampai bisa menghasilkan di dunia internet marketing.

    Salam kenal dan semoga sukses selalu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal dan sukses juga :D. mantap pngalamannya hehe

      Delete
  3. Wah seru Kang Bhayang pengalaman praktek kerjanya. Kang boleh saya minta kontak Ibu Yanti nya (Prefer e-mail & no.telepon) untuk mengetahui peluang praktik kerja disana. Nuhun Kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah seru hehe, saya punyanya email ymellya@gmail.com, tapi biasanya diarahin dulu ke bagian diklat RSMB nya untuk administrasi nanti praktek

      Delete