12 July 2014

Minggu ke-2 magang di Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung

Halaman Login SIM-RSMB
Setelah dua minggu berjalan dan pengawasan terhadap kegiatan user dalam penggunaan aplikasi SIM-RSMB terus di awasi maka dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan dalam antusias para petugas untuk melakukan input data (tindakan ke dalam database). Beberapa faktor yang berpengaruh salah satunya fungsi pengawasan, dengan adanya kami berdua mungkin memberikan gambaran dan motivasi kepada user tentang aplikasi yang di jalankan mendatangkan banyak manfaat terutama dalam hal pelayanan oleh perawat. Namun dengan besarnya respon positif dari para petugas membuat mereka agak sedikit terbebani karena sistem yang dijalankan oleh manajement rumah sakit belum seutuhnya “Otomatis” karena berkas data yang ada masih tetap harus diisi sehingga kesan “balik ke manual” masih sangat besar dikalangan para petugas dan mulai menanyakan ke efektifan sistem yang sedang diterapkan saat ini. Berikut rangkuman uraian kegiatan minggu ke-2 di RSU Muhammadiyah Bandung.

Jum'at, 04 Juli 2014
Kegiatan
Pengecekan data dimulai dari ruang PERI (Perawatan Bayi) pada hari tersebut terdapat 2 bayi yang akan pulang dan harus menyelesaikan administrasi. Pengecekan dilakukan terhadap tindakan – tindakan sesuai dengan status yang diisi oleh perawat. Dari hasil pengecekan tersebut ada beberapa tindakan atau pemebelian barang yang belum ada di database yaitu Nasal Prong dengan harga Rp. 350.000,-. Kemudian melakukan pengecekan jumlah pasien di sesuaikan dengan yang ada di papan tulis. Untuk selanjutnya di ruangan PU (Perawatan Umum) ada beberapa data yang sudah dua hari tindakan belum di masukan (pengecekan pukul 08.40). Kemudian untuk di ruangan VIP DS, PK dan ICU data sudah update di masukan oleh para petugas/perawat, namun untuk di Raudah ada sedikit masalah di jaringan dan teknis.

Kendala
Beberapa barang belum masuk ke database, untuk memasukan barang dan harga tersebut harus menunggu persetujuan dari pihak yang bersangkutan.

Keterangan
Sudah dilaporkan kepada tim IT-RSMB untuk ditindak lanjuti.

Sabtu, 05 Juli 2014
Kegiatan
Kegiatan yang saya lakukan pada hari sabtu sangat padat, karena rekan saya tidak masuk di karenakan ada kepentingan keluarga ke luar kota sehingga untuk menggantikannya saya melakukan pengecekan ke semua ruangan. Pertama ruang Multazam 1 yang saya kunjungi, alhamdulillah di ruang Multazam 1 data sudah rapi dan di inputkan lansung oleh kepala ruangan. Selanjutnya ke lantai 2 untuk ke ruang Multazam 2, di ruang Multazam 2 ini seperti halnya Multazam 1 data sudah masuk ke database dan pengecekan hanya terhadap pasien pulang sesuai di papan tulis. Kemudian beralih ke lantai 3 yaitu Multazam 3, ada 2 pasien yang akan pulang dan sudah dirawat lama sehingga perawat membutuhkan  bantuan terutama dalam data biaya. Di lantai 4 ada Multazam 4 yang ketika waktu itu kepala ruangan sedang menginputkan data tindakan untuk pasien yang belum masuk ke database sejak dua hari yang lalu. Terakhir di lantai 5 ada Multazam 5 dengan pasien rata – rata balita, berada disana lumayan lama karena di Multazam 5 memiliki banyak pasien dan ada beberapa data yang belum masuk ke dalam SIM-RSMB.

Setelah di gedung Multazam saya melanjutkan ke ruangan VIP Dewi Sartika, kebetulan ada beberapa pasien yang akan pulang, namun lagi – lagi data tindakan belum dimasukan dan di cek ulang kelengkapannya untuk diteruskan ke bagian keuangan. Setelah itu saya masuk ke ruangan PERI untuk cek jaringan dan sistem berjalan dengan baik atau tidak. Selama di PERI ada beberapa data dalam tindakan yang belum ada sehingga untuk proses penghitungan biaya perawatan tidak sesuai.

Kendala
Kurangnya perhatian petugas terhadap data yang di inputkan untuk di sesuaikan dengan map status pasien sehingga untuk pelampiran bukti – bukti dapat mudah diberikan kepada keluarga pasien. Beberapa barang yang belum di input harus menunggu lama validasi dari pihak pengadaan atau tarif, sehingga data memang tidak bisa dicocokan.

Keterangan
Sudah dilaporkan kepada tim IT-RSMB untuk ditindak lanjuti.

Senin, 07 Juli 2014
Kegiatan
Ruagan VIP Dewi Sartika adalah ruangan pertama yang saya kunjungi pada hari itu, alasannya adalah karena setelah saya cek data tindakan di VIP DS teryata masih belum dimasukan hampir tiga hari lamanya, karena hal itulah saya mencoba masuk ke ruangan VIP DS ini. Memang ketika 3 hari sebelumnya kepala ruangan izin untuk libur istirahat sehingga data sehari sebelmnya hingga setelah liburan menumpuk dan harus segera di selesaikan.

Kendala
Kasus pasien pulang : Tindakan yang sudah di inputkan sebelumnya apabila terjadi kesalahan tidak bisa dihapus. Alasannya karena data tindakan tersebut sudah di validasi oleh pihak keuangan. Namun ketika keuangan di konfirmasi, data tersebut dapat di ubah oleh tim IT.

Keterangan
Sudah dilaporkan kepada tim IT-RSMB untuk ditindak lanjuti. Untuk permasalahan dalam validasi data tindakan oleh keuangan harus tersedian prosedur yang jelas dan disepakati bersama agar tidak terjadi kesalahpahaman dan tidak harus selalu mengandalkan tim IT-RSMB karena dapat memakan waktu yang sangat lama. Selain itu ada barang yang belum dimasukan adalah kasur decubitus (kasur dengan keunggulan tidak akan merusak kulit pasien yang memang tipis.

Selasa, 08 Juli 2014
Kegiatan
Pengecekan dimulai dari ruangan PERI (Perawatan Anak) dengan melakukan pencocokan data dari aplikasi SIM-RSMB dengan papan tulis diruangan. Kemudian melakukan pengecekan data tindakan dan melakukan rincian biaya karena ada beberapa pasien yang akan pulang. Setelah dilakukan pengecekan data di susulan pasien pulang tidak sesuai dengan yang ada di Invoice Sementara rincian biaya pasien, hal tersebut terjadi dikarenakan ada data tindakan dan barang yang belum masuk ke database. Selanjutnya masuk ke ruangan DS, untuk ruangan Raudhah, PU dan ICU dipantau dan dicek di komputer DS tanpa harus pergi keruangan kecuali ada hal teknis yang harus diperbaiki.
Kendala
Penambahan beberapa barang di ruangan seperti Billibund Rp. 65.000,- ; Neo Pub; Nasal Prog dan  Screening Tiroid.

Keterangan
Sudah dilaporkan kepada tim IT-RSMB untuk ditindak lanjuti.

Rabu, 09 Juli 2014
Pesta demokrasi (Pemilihan Umum Presiden Republik Indonesia)

Kamis, 10 Juli 2014
Setelah melaksanakan kegiatan PKL selama hampir 2 minggu, pada hari tersebut kami berdua menghadap ke pimpinan IT RSU Muhammadiyah Bandung untuk melakukan pelaporan kegiatan selama satu minggu terakhir. Kesimpulan dari laporan tersebut adalah setelah kegiatan supervisi untuk aplikasi SIM-RSMB ini berakhir, kami akan dipindahkan ke bidang Rekam Medis untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang ada saat ini dan menyesuaikan dengan aplikasi SIM-RSMB untuk bagian Rekam Medis yang sedang dibangun. Hasil dari laporan ini akan kami laporkan juga kepada kepala bagian bidang Keperawatan bapak Opik dan bidang Information Technology bapak Zaenal.

No comments :

Post a Comment