24 August 2015

Presentasi menggunakan Prezi

Presentasi menggunakan Prezi
Assalamualaikum wr, wb. 
Catatan ini adalah tentang penggunaan software pada situs prezi.com untuk membuat presentasi, karena menggunakan powerpoint sudah terlalu mainstream. Menurut wikipedia presentasi adalah suatu kegiatan berbicara di hadapan banyak hadirin atau salah satu bentuk komunikasi. Berkomunikasi dengan tujuan untuk menyampaikan pendapat, pandangan, informasi atau memberikan motivasi diperlukan kemampuan berkomunikasi yang baik dihadapan orang banyak. Agar tujuan kita tersampaikan dengan baik kepada para hadirin maka komunikasi tersebut dapat dibantu dengan adanya visualisasi ilustasi materi yang disampaikan.

"Be a great presenter" begitulah kata yang pertama kali dilihat pada situs prezi.com, memperlihatkan bahwa prezi ini adalah salah satu software yang akan menjadikan anda seorang pemateri handal. Penggunaan visual effect dan motion effect sangat membantu dalam menyampaikan gagasan anda untuk meyakinkan para hadirin dan dengan senyuman mereka yang merupakan tanda bahwa anda berhasil menyampaikan informasi dengan baik seperti video pembukaan berikut ini.




Prezi dapat digunakan dimanapun dan kapanpun karena menggunakan penyimpanan berbasis cloud yang dapat digunakan pada browser, desktop, iPad, iPhone dan perangkat Android. Prezi merupakan aplikasi yang berbayar namun dapat digunakan secara free trial dengan membuat akun namun karya anda akan di publish dan dapat digunakan oleh orang lain, terkecuali anda menghapusnya setelah hasilnya di download dari akun yang sedang aktif
Pricing Plan Prezi
A.  Persiapan
Tahap persiapan ini adalah langkah-langkah dalam menyiapkan aplikasi prezi sebelum melakukan editing materi presentasi.
  1. Buka situs prezi.com 
  2. Pilih dan klik tombol Get Started maka akan masuk ke menu pricing
  3. Pilih dan klik tombol Continue Free dan masuk ke form login            
  4. Pada form login ada tiga pilihan daftar menggunakan email, linkedin atau facebook
  5. Setelah berhasil login (saya login menggunakan facebook) maka akan masuk pada halaman profil dan galeri hasil karya kita
  6. Untuk mulai membuat presentasi pilih dan klik link New Prezi                
B.  Membuat presentasi
Pada tahap ini kita dapat mulai untuk membuat presentasi yang diinginkan seperti memilih template dan mengedit materi yang akan digunakan. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat presentasi menggunakan prezi.
  1. Koneksi internet.
  2. Materi yang akan digunakan
  3. Memilih template yang sesuai atau mulai dengan blank page
  4. Ide kreatif untuk menentukan urutan slideshow
  5. Jangan terlalu banyak memasukan kata-kata
  6. Gunakan gambar-gambar yang sesuai materi presentasi
  7. Berdo'a mudah-mudahan hasilnya baik 
Berikut video singkat mengenai tahapan untuk memulai membuat presentasi
Untuk tutorial selanjutnya dapat dilihat pada Channel Prezi Official (Prezi on youtube)

Download Presentasi yang telah dibuat
Hasil dari pembuatan presentasi tadi dapat di download dan dijalankan presentasinya untuk pengguna prezi trial, namun untuk pengguna prezi pro version dapat dilakukan perubahan kembali. Semoga dapat membantu untuk membuat presentasi dengan mudah dan lebih baik :D, terimakasih. Wassalamualaikum wr, wb.

No comments :

Post a Comment