24 August 2015

Menikmati Indahnya Stone Garden

Welcome to Stone Garden
Assalamualaikum wr, wb.
Pada postingan ini saya ingin menceritakan sedikit tentang keindahan alam di kawasan wisata Stone Garden Geopark, saya pergi besama lima orang teman menggunakan kendaraan roda dua dan memulai perjalanan dari daerah dago. Kawasan wisata stone garden ini sudah sering saya dengar dari beberapa teman saya yang sudah mengunjungi lokasi tersebut dan dari informasi melalui blog-blog yang sering membahas tentang wisata indonesia. Lokasi wisata stone garden ini sering saya lewati ketika melakukan perjalanan pulang dari bandung menuju sukabumi, sehingga membuat penasaran seperti apa hamparan keindahan dari bebatuan ini. 

Stone Garden

Menurut informasi yang saya dapat, stone garden ini berada satu kawasan dengan wisata goa pawon yang merupakan peninggalan dari nenek moyak suku sunda. Stone garden merupakan kawasan wisata dengan hamparan bebatuan yang tersusun tidak beraturan dan menjadi pemandangan yang sangat indah. Stone garden ini beralamat di Jl. Cinangsi G. Masigit, Bandung, Jawa Barat (Kampung Girimulya Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten.Bandung Barat), cukup mudah untuk menemukan lokasi ini karena ada petunjuk jalan yang mengarahkan kita ke lokasi tersebut. Kita hanya menempuh perjalanan menuju padalarang, ketika di daerah cipatat bersiap-siap untuk mencari pentunjuk jalan yang menuju ke lokasi wisata stone garden, mungkin saya bilang mudah karena sudah sering lihat petunjuk jalan tersebut. Sesampainya dilokasi kami diberi tiket parkir motor seharga Rp. 3.000/motor dan tepat di dekat tulisan Stone Garden Geopark kita harus membayar tiket masuk sebesar Rp.5000/orang.



Jalan yang ditempuh cukup menanjak, karena batu-batu yang akan kita nikmati keindahannya berada diatas puncak gunung. Kawasan wisata stone garden ini terlihat cukup bersih dan teratur, tempat sampah disediakan dibeberapa sudut bebatuan untuk meminimalisir para pengunjung agar tidak membuang sampah sembarangan. Suasananya masih asri dan hijau, namun terlihat tidak sehijau dimusim hujan seperti pada blog-blog yang saya baca sebelumnya. Stone garden ini sangat cocok bagi para selfier atau goProer :p, karena dari posisi manapun gambar atau video yang dihasilkan terlihat bagus. Background yang dihasilkan dapat terlihat sawah, lembah hijau dan kumpulan perumahan warga. Pada kawasan wisata stone garden geopark ini terdapat saung/pondok untuk istirahat sambil makan dan menikmati pemandangan batu-batu serta orang-orang yang berphoto ria naik keatas bebatuan :D. Selain itu sebelum naik keatas gunung batu tersebut terdapat beberapa fasilitas seperti toilet, mushola dan warung.
Duh panas pisan
Rock climbing ceritanya
Sejauh mata memandang yang terlihat hanya bebatuan dalam berbagai ukuran, kami sangat nyaman dan menikmati pemandangan yang indah ini. Namun sangat disayangkan ada sedikit maslaah yang menganggu kenyamanan kami yaitu asap hitam tebal limbah dari idustri olahan batu alam. Memang benar daerah ini berada di kawasan industri olahan batu alam padalarang, oleh karena itu jika ingin mengunjungi tempat ini diharapkan membawa masker karena diperjalanan akan melewati beberapa pabrik dan debu-debu yang cukup tebal. Dari dahulu ketika saya melewati daerah ini, saya merasa cukup prihatin karena gunung-gunung batu yang dulu besar sekarang hampir rata dengan tanah karena adanya aktivitas penambangan, mungkin karena gunung batu tersebut merupakan salah mata pencaharian warga sekitar.  
Pemandangan bawah gunung

Asap pabrik
Dari semua kegiatan wisata di stone garden, ternyata kami masih dalam rangka merayakan HUT RI ke 70 dengan pemandangan bendera merah-putih di beberapa puncak bebatuan. Kami sangat menikmati keindahan alam ini dan sangat bersyukur untuk tetap menjaga dan merawat alam sekitar. Terimakasih dan selamat berwisata bagi yang belum pergi kesana. Wassalamualaikum wr, wb :).
Merah putih masih berkibar

No comments :

Post a Comment