01 April 2014

Pertemuan Lintas Sektoral Forum Desa Sehat

Tempat pertemuan dilaksanakan

Kegiatan pertemuan  lintas sektoral forum desa sehat tersebut dilaksanakan pada hari selasa 1 april 2014 bertempat di puskesmas Bumi Rahayu. Acara tersebut di hadiri oleh beberapa pejabat dan perwakilan dari perusahaan diantaranya.
Camat tanjung selor oleh bapak Erin Wiranda SE.
Kasi Prokes dan pemberdayaan dinas kesehatan oleh bapak Nanang
Ketua puskesmas Bumi Rahayu oleh bapak dr. Aidil Akbar
Kepala desa setempat
Ketua desa siaga setempat
Ketua PKK desa setempat

Pemateri dari kiri (Bpk. Nanang, Bpk dr. Aidil Akbar dan bpk Erin Wiranda)

Para peserta yang hadir

Cuplikan sambutan dari bapak dr. Aidil Akbar.
Pencanangan program desa sehat sudah dimulai sejak tahun 2006. Desa wilayah kerja puskesmas Bumi Indah yang sudah terbentuk adalah desa sehat Bumi Indah dan Gunung Sari. Sedangkan desa Apung dan SP6 Bukit Indah masih dalam proses. Kurangnya jumlah kader di setiap puskesmas pembantu (Pustu) atau posyandu menjadikan kendala tersendiri. Desa sehat sudah berjalan di dua desa yaitu Bumi Rahayu dan Gunug Sari namun karena adanya pergantian kepemimpinan sehingga program tersebut tersendat dan tidak berjalan. Usaha ntuk pemberdayaan para kader terus dilakukan dengan pelatihan. Sehingga para kader dapat memonitor perkembangan desa untuk memperbaiki kesehatan. Beberapa program yang telah dicanangan di desa sehat tersebut adalah Ambulan desa, Donor darah dan Kesehatan mawas diri.

Cuplikan sambutan dari bapak Erin Wiranda S.E.
Dalam pertemuan lintas sektoral ini, kita harus bersama – sama untuk menata dan melakukan pemantapan desa siaga di daerah desa binaan puskesmas Bumi Rahayu. Semua program tersebut akan berjalan jika ada kerjasama dan koordinasi yang baik antar pimpinan pemerintahan yang ada. Untuk wilayah kelompok kerja operasional perusahaan dapat membantu kegiatan di desa – desa.

Ringakasan materi dari bapak Nanang.
Bapak Nanang tidak menjelaskan secara detail tentang desa sehat atau desa siaga karena memang program ini sudah direncanakan sejak 2006 dengan beberapa sosialisasi. Desa siaga sudah dibentuk dari tahun 2006 dan sudah berjalan sekitar 7 tahun namun belum efektif. Untuk melakukan implemetasi kembali desa siaga maka akan dibentuk forum desa sehat. Forum desa sehat adalah wadah desa untuk menyelesaikan segala permasalahan desa selain bidang kesehatan. Adapun struktur organisasinya adalah sebagai berikut :


Ketua forum desa sehat merupakan kepala desa di daerah tersebut kemudian memilih orang yang dipercaya untuk menempati jabatan masing – masing. Orang yang menduduki posisi tersebut harus orang yang berkompeten dan tekun untuk memantau perkembangan desa. Pada saat pembentukan desa sehat maka variabel pertama yang harus di isi adalah data kesehatan di desa tersebut. Puskemas akan membantu menyiapkan kader – kader yang berkompeten untuk menangani masalah tersebut. Beberapa kendala yang dialami dari kurangnya tanggapan masyarakat adalah terlambatnya mengenali bahaya, terlambat dalam merujuk pasien dan terlambat datang ke tempat pelayanan.

Kasi Prokes dan pemberdayaan dinas kesehatan akan mengupayakan akses pelayanan dengan menambah Poskesdes dan Pustu. Selain itu kerjasama dengan beberapa perusahaan harus dijalin untuk mewujudkan desa sehat dengan rencana pertemuan dalam 3 bulan kedepan.(bhy)

1 comment :

  1. Anonymous1/2/22

    Lucky Club Casino Site 2021
    Lucky Club offers a wide range of slots, luckyclub video poker, and bingo games. There are several different games and a very generous welcome bonus! Read on! Rating: 4 · ‎Review by LuckyClub

    ReplyDelete