20 April 2014

Laporan Kegiatan Magang Minggu ke XV (14 – 20 April 2014)

Kegiatan magang minggu ke 15 masih di Tanjung Selor kabupaten Bulungan, Kegiatan lebih di fokus kan untuk menyukseskan kegiatan telekonferensi yang digelar oleh Seamolec, LPMP (Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan) dan beberapa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Selain itu kegiatan pelatihan di SDN 004 Tanjung Palas Utara memasuki hari terakhir dan pelaksanaan ujian akhir untuk materi Office Word.

Senin, 14 April 2014
Kegiatan kami awali dengan pengecekan jaringan mulai pukul 07.00 WITA, kondisi awal memang jaringan internet terputus sehingga kami terpaksa menggunakan jaringan internet sekolah yang merupakan bantuan dari Dinas Pendidikan setempat namun kecepatannya sangat minim. Video Conference bertujuan untuk sosialisasi tentang kegiatan pelatihan peningkatan guru – guru SMK untuk menghadapi tantang SMK menghadapi AFLA (keterbukaan perdagangan Internasional ASEAN). Video Conference berjalan dengan baik setelah koneksi internet jalan kembali sekitar pukul 09.00 WITA. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tanjung Selor (Bapak Yunus), Perwakilah LPMP dari Kaltim (Bapak Amat) dan Kepala Sekolah SMKN 1, 2, 3. Perlunya dibentuk LPMP di Kalimantan Utara merupakan PR bagi pemerintah provinsi Kalimantan Utara.

Selasa, 15 April 2014
Pelatihan kembali dilaksanakan di SDN 004 Tanjung Palas Utara, namun kali ini waktunya untuk ujian Microsoft Office Word tentang beberapa materi yang telah disampaikan dari awal hingga akhir terkait dengan Table, optimasi front, konfigurasi, format halaman dan insert media.

Rabu, 16 April 2014
Pelatihan dilanjutkan kembali dengan materi Microsoft Office Excel, hari pertama melakukan beberapa pengenalan tentang Excel, Halaman Kerja dan beberapa fungsi yang sering digunakan untuk pengolahan angka.

Kamis, 17 April 2014
Berdasarkan kesepakatan pada hari senin maka pada hari amis dilaksanakan kembali Video Conference ke 2 bersama LPMP untuk persiapan pelatihan peningkatan kompetensi guru SMK di beberapa LPMP daerah masing – masing.

Jum’at, 18 April 2014
Hari Libur, namun kami diberi tugas untuk setting printer dan update windows di rumah manager kami yaitu bapak Iwan Suryatno. Selain itu kami melakukan makan bersama dengan masakan – masakan khas Kaltara yaitu kerang, ikan dan beberapa lauk pauk lainnya.

Sabtu, 19 April 2014
Kegiatan pada hari Sabtu yaitu membantu membuat presentasi Laporan bulan Maret Comdev menggunakan aplikasi prezzi (alamat Link Offline). Karena ingin mendapatkan pengalaman yang berbeda dalam menyampaikan laporan dan presentasi pada bulan Maret ini.

Minggu, 20 April 2014

Pada hari Minggu kami mendapat info untuk menemui advisor pendidikan PT. PKN yaitu bapak Soekarno Datu di Hotel Crown. Pak Datu baru saja sampai di Tanjung Selor dan langsung meeting bersama untuk membahas kegiatan bersama selama satu Minggu terkait pendampingan pembentukan AKA (Akademi Komunitas di SMKN 1 Tanjung Selor) dan Pelatihan ICT bagi guru – guru SD.

No comments :

Post a Comment