24 August 2013

Materi pembelajaran di SEAMOLEC (Seminggu)

Hari ini ujian, hah? Ujian. Yap kita sudah mulai ujian dari materi yang selama seminggu ini kami dapatkan di SEAMOLEC. Beberapa materi yang kami peroleh selama seminggu ini adalah SIGIL - Screencast O Matric (Media digital), EDMODO (SeaEduNet) dan Animasi menggunakan Blender termasuk sudah di umumkannya penugasan tentang pemogramman desktop dengan java untuk dua minggu kedepan hadeww.



Apa hubungan ketiga materi yang akan di ujikan hari ini? Yap tentu saja sangat berhubungan. Saya dapat menarik garis besarnya yaitu tentang pembuatan BUKU DIGITAL yang mengacu kepada kebutuhan pembelajaran jarak jauh atau PJJ.

Kenapa buku digital? kenapa ya? saya kasih nih alur penjelasan singkat hehe
  1. Untuk kebutuhan PJJ dengan menggunakan EDMODO salah satunya adalah bacaan atau materi yaitu bisa berupa buku digital 
  2. Buku Digital dibuat dengan software SIGIL untuk membuat layout dan susunan materinya.
  3. Buku Digital tidak seutuhnya dapat di pelajari secara mudah terutama beberapa materi yang membutuhkan beberapa simulasi, nah untuk membuat Simulasi itu menggunakan BLENDER.
  4. Penjelasan visual dari pengajar tentang materi yang disampaikan dapat berupa video tutorial menggunakan Screecast o Matic salah satunya.

Kenapa pembelajaran jarak jauh sangat di butuhkan saat ini? Jelas lah zaman modern yang serba technology haha (jawaban spontan) kita perbaiki redaksi dulu, ehemm jadi alasannya ada beberapa sudut pandang terutama pada pelaku pendidikan diantaranya murid, pengajar dan institusi pendidikannya. Ringkasnya untuk murid/pelajar sangat memudahkan dalam pengefektifan waktu belajar (bagi para pelajar sibuk atau memang tempat tinggal yang jauh, untuk para pengajar dapat mengefektifkan proses belajar mengajar, kemudahan dalam mengnalisa perkembangan para anak didiknya dengan disediakannya beberapa fasilitas pendukung pendidikan jarak jauh, untuk institusi menjadi tolak ukur kesuksesan dalam pembelajaran, pengelolaan pengajaran yang mudah namun mempunyai hasil yang maksimal dan ikut serta dalam pemanfaatan IT saat ini.
Nah itu beberapa bahasan tentang ujian hari ini, mudah - mudahan saya bisa jawab soal - soalnya hehe.

Sebetulnya masih banyak materi dan pelajaran yang kami dapat selama seminggu ini, selain kebersamaan dan silaturahmi kita juga berharap menjadi orang yang berguna kelak :). Ok semoga bisa menjadi kesimpulan yang menyimpulkan materi - materi yang tlah dipelajari minggu ini, terimakasih untuk pengajar, SEAMOLEC, D4 ITB, TIKes, TKJMD dan Pondok Cabe :).

No comments :

Post a Comment