23 August 2013

Berkenalan lebih dalam dengan BLENDER

Kali ini saya ingin sharing berkaitan dengan desain dan animasi menggunakan blender, saat ini memang perkembangan IT untuk pengembangan beberapa bidang dengan berbagai macam alasan sedang gencar di lakukan. Termasuk saya sebagai mahasiswa lanjutan dihadapkan dengan suatu ilmu Simulasi Digital yang diantaranya adalah pembuatan buku digital. 

Sebelumnya saya pernah menjelaskan salah satu tool pembuat buku digital yaitu SIGIL yang pernah saya posting http://bhayangratu.blogspot.com/2013/08/berkutat-dengan-sigil.html nah untuk menambah interaktifnya suatu buku karena memang membutuhkan penjelasan yang lebih detail, maka harus dibuat sebuah simulasi dari apa yang di bahas dalam buku tersebut. Salah satu tool yang akan saya bahas kali ini adalah dengan menggunakan blender.


Blender adalah aplikasi pembuat animasi gratis lebih ringan daripada aplikasi animasi yg ada saat ini (menurut saya) walau demikian tetep aja untuk me render 10 detik video lumayan lama hhe, sampe2 temen2 sekelas saya stress di buatnya. Pengalaman menggunakan blender ini bukan pertama kalinya karena sebelumnya pernah menggunakan namun lupa :D. Tapi teryata sekarang di pekuliahan di butuhkan juga.

Hal pertama yang harus di ingat adalah beberapa short cut dan penggunaan mouse yang sangat menentukan ke suksesan animasi yang anda buat haha, karena dari hal kecil itulah nanti anda tidak tersesat kedepannya. Logika penggunakan titik dan garis harus jelas terutama objek favorit saya KUBUS, dengan di mulai bentuk kotak tersebut bisa menghasilkan beberapa objek yang saya butuhkan dalam pengerjaan pembuatan buku digital ini. ini salah satu animasi karya saya walaupun belum beres karena lagi ngejar target 10 video animasi dalam 2 hari dengan min durasi 10 detik whoaaahaha.


Okelah kalo begitu cukup, nanti kita ketemu lagi di postingan selanjutnya .

No comments :

Post a Comment