27 August 2013

Thread dan multi thread java untuk solusi tugas tentara



Akhirnya minggu kedua masuk kelas pemogramman java, sebelumnya saya penah belajar java mobile (J2ME) agak jadul sih hehe. Karena dulu dosen saya jarang masuk akibatnya terbengkalai lah pemogramman java saya. Namun pada semester tersebut saya dan kelompok sudah menyelesaikan satu project java mobile hehe, tapi otodidak dengan kejar target alhasil ketika sekarang mainan bahasa java agak bingung2 dikit tapi ya sudahlah saya mulai memahami sedikit demi sedikit.

Pak abdul rizal sebagai dosen pengajar java memberi sedikit motivasi saya terhadap paradigma pemogramman saat ini, motivasi tersebut muncul karena memang programming itu mudah :). kemudian yang membuat saya sadar memeang jurusan saya IT, pemogramman adalah hal biasa dan saya dapat uang pasti dari situ jalannya. Ok deh setelah semangat terkumpul proses pembelajaran pun dimulai. haha ampun dah belum apa - apa udah bahas thread dan multi thread padahal mahamin OOP nya juga blum fix, yoweslah seperti pepatah "LEARNING BY DOING" merupakan kata yang pas untuk belajar java saat ini.

Penjelasan Thread singkat dari saya adalah Thread merupakan suatu aksi untuk melakukan proses secara bersamaan dengan logika kita menulis dengan tangan kanan dan tangan kiri sambil menggaruk kepala yang gatal hehe :).

ok ni hasil dari tugas yang diberikan pak rizal, mungkin dengan soal ini asumsi pembaca akan berbeda dengan saya, maklum masih belajar :), doain aja supaya nanti bisa memahami lebih amin.

SOAL :
Tentara indonesia terdiri dari :
1. Kopasus
2. marinir
3. ifanteri

Koassus mengevakuasi 40 warga yang terdiri dari 20 orang ibu hamil, 20 manula
Marinir akan masuk jika 20 bumil sudah diselamatkan kemudian marinir akan membunuh 50 Teroris
Ifanteri akan masuk jika terorist sudah dibunuh sebanyak 50 orang dan melakukan pembersihan daerah

PENGERJAAN :
Code :
 /*  
  * To change this template, choose Tools | Templates  
  * and open the template in the editor.  
  */  
 package cobathread;  
 /**  
  *  
  * @author Bhayang  
  */  
 public class Cobathread {  
   public static void main(String[] args) {  
     boolean kondisi = true;  
     while(kondisi){   
       Thread Kopassus = new Thread();  
       Thread Marinir = new Thread();  
       Kopassus.start();  
       Marinir.start();  
       System.out.println("====Kopassus melakukan evakuasi=====");  
       for(int i=1; i<=20; i++){  
         try{  
           Thread.sleep(100);  
         }  
         catch(Exception e){  
         }  
         System.out.println(i + " ibu hamil telah di evakuasi");  
         System.out.println(i + " Manula telah di evakuasi");  
      if (i==20)   
          {  
           for (int b=1; b<=50; b++)  
           {  
          try{  
             Thread.sleep(100);  
          }  
           catch (Exception e){  
           }  
           System.out.println(b + " Teroris Telah dibunuh Marinir");   
        }   
          }  
       kondisi = false;  
       }  
       System.out.println("=====Pasukan Ifanteri masuk untuk membersihkan=====");  
     }  
   }  
 }  

Screenshoot :

Terimakasih semoga bermanfaat :)


No comments :

Post a Comment