18 March 2014

Berbagi cerita di zona ilmu

Zona Ilmu
dari kiri : Bhayang, Vitria, Rizki

Assalamu'alaikum, Wr, Wb.
Masih di kalimantan utara, saya ingin berbagi cerita tentang belajar ilmu komputer dasar bersama anak – anak di bukit indah, kab bulungan, kalimantan utara. Pengalaman yang berbeda kali ini adalah berbagi dengan anak – anak di desa bukit indah yang rata – rata masih duduk di bangku SD dan SMP. Dengan adanya pelatihan komputer dasar setiap hari minggu mulai pukul 14.00 WITA ditanggapi dengan sangat antusias oleh anak – anak. Perlengkapan yang mereka bawa hanya semangat belajar, namun ada beberapa orang yang punya laptop dan itu tidak mematahkan semangat yang tidak mempunyai laptop untuk datang dan ikut belajar. Kebutuhan teknologi sudah tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari – hari namun tentang bagaimana caranya kita untuk memanfaatkan dengan baik sehingga bisa bermanfaat bagi orang banyak.

kepedulian PT. PKN untuk membangun suatu perpustakaan atau taman bacaan yang bernama zona ilmu. Seperti namanya yaitu zona ilmu, tempat ini merupakan tempat terbuka untuk anak – anak atau masyarakat sekitar untuk membaca buku dan membuka wawasan mereka. Seiringan dengan hal tersebut kami di undang oleh CDO (Comdev Officer) di desa bukit indah untuk mengisi materi dan sharing ilmu bersama anak – anak agar mereka mempunyai semangat dan melek teknologi walaupun tinggal di daerah pegunungan yang dikelilingi hutan.

Pembelajaran komputer dasar ini meliputi pengenalan perangkat komputer/laptop dan berlatih menggunakan software office sesuai kebutuhan mereka di sekolah atau lingkungan masyarakat. Pada dasarnya meraka sudah mengenal teknologi yang ada saat ini karena sebelumnya pernah diadakan workshop di desa bukit indah. Saya bersama teman – teman team D4 ITB setiap hari minggu pergi ke zona ilmu, disana kami berbagi ilmu, motivasi serta pengalaman kami dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi. Jumlah anak – anak yang hadir setiap minggu nya dengan rata – rata 10 orang. Kami belajar bagaimana ilmu kita bisa bermanfaat bagi mereka dan sebaliknya mereka juga menimba ilmu dari kita. Selain melakukan pelatihan, kami juga memberikan tugas untuk pendataan data buku d perpustakaan zona ilmu tersebut dan kami buat juga sistem informasi perpustakaannya agar data buku dapat tercatat dan tersimpan rapi. Saat ini mereka masih belajar dan terus akan belajar hingga nanti bisa memberikan yang berarti untuk negeri ini. Mungkin sedikit ilmu dan pengalaman dari kami bisa memberi semangat untuk mereka terus belajar dan berprestasi. Berikut galeri photonya :

Get Adobe Flash player

No comments :

Post a Comment