25 March 2014

Laporan kegiatan magang minggu ke XI (17 – 23 Maret 2014)

Penjelasan point SWOT pada penyusunan proposal oleh advisor pendidikan PT. PKN
Bapak Ir. Soekarno Datu, MM.

Kegiatan magang di minggu ke 11 ini di titik beratkan pada kegiatan ikut serta dalam pembangunan Akademi Komunitas Negeri Bulungan. Di awali dengan kedatangan ibu Dewi (Seamolec) dan pak Ade (AKA Negeri Cianjur) untuk membantu pada proses penyusunan proposal pengajuan pembentukan AKA Negeri Bulungan, beliau hadir pada minggu malam tanggal 16 Maret 2014 dan dilanjutkan dengan pertemuan pertama dengan tim dari kumpulan dari instansi, lembaga pendidikan dan perusahaan. Pertemuan pertama tersebut dilaksanakan di hotel Crown pada pukul 20.00 WITA. Selain itu pertemuan pertama tersebut di hadiri oleh kita (Tim magang D4 ITB) dan advisor pendidikan PT. PKN yaitu Ir. Soekarno Datu. Pertemuan pertama ini membahas draf awal dan lampiran  - lampiran yang dibutuhkan dalam pembentukan AKA Negeri Bulungan. Dengan berbekal pengalaman membentuk AKA di beberapa daerah bu Dewi sangat hafal bagaimana untuk membuat proposal dengan baik dan benar. Kemudian ada bapak Ade yang menjadi salah satu Tim dari pembentukan AKA Negeri Cianjur yang sudah sukses membangun cianjur lebih dahulu. Pembuatan proposal ini direncanakan akan rampung dalam waktu satu bulan, mengingat ada beberapa perubahan teknis yang di tetapkan oleh Dikti, maka perubahan total harus dilakukan terhadap proposal yang telah dibuat sebelumnya. Tim magang D4 ITB ditunjuk untuk membantu proses pembuatan proposal, rencana awal penyusunan proposal adalah menunjuk beberapa penanggung jawab untuk beberapa point penting yang dibutuhkan dalam pembentukan AKA Negeri Bulungan dari 14 Point kerangka proposal yang ada. Saya sendiri membantu dalam pengecekan kerangka proposal yang hingga saat ini sudah 7 point yang berhasil dipenuhi.
Selain itu kegiatan penyusunan proposal AKA Negeri Bulungan, kami tim magang D4 ITB bersama advisor pendidikan PT. PKN bapak Ir. Soekarno Datu mendesign program peningkatan kompetensi guru. Dengan menindak lanjuti hasil pelatihan komputer di SDN 002 sebagai sekolah percontohan, kami hadir kembali di tengah guru – guru SDN 002 untuk demo sistem intranet berbasi KBM dengan mengundang beberapa guru di SDN 004 Tanjung Selor. Sistem intanet ini merupakan simulasi proses download dan mencari materi pembelajaran di internet. Sistem ini merupakan solusi dalam sulitnya untuk mendapatkan akses internet. Kemudian di lanjutkan dengan pelatihan kelas edmodo untuk guru – guru SDN 002 dan SDN 004 untuk peningkatan bahan ajar digital di sekolah masing – masing. Kegiatan lainnya yang dilaksanakan adalah pengabungan database dan desain untuk berita comdev edisi ke 2. Berikut detail kegiatan yang dilaksanakan sehari –hari terkait kegiatan yang sudah di jelaskan sebelunya. Baca juga di http://bhayangratu.blogspot.com/2014/03/pendirian-akademi-komunitas-negeri.html

Senin, 17 Maret 2014
  • Pembentukan Akademi Komunitas Negeri Bulungan : Penyusunan draf proposal tentang analisis potensi daerah dan analisis SWOT, dilaksanakan di SMKN 1 Tanjung selor dan dihadiri oleh guru – guru SMK dan CDO PT. PKN bersama advisor pendidikan dan bu Dewi serta pak Ade. Kegiatan dimulai pukul 10.00 WITA -17.00 WITA.
Selasa, 18 Maret 2014
  • Pembentukan Akademi Komunitas Negeri Bulungan : Penyusunan draf proposal tentang komitmen daerah dan visi serta misi, dilaksanakan di SMKN 1 Tanjung selor dan dihadiri oleh guru – guru SMK dan CDO PT. PKN bersama advisor pendidikan dan bu Dewi serta pak Ade. Kegiatan dimulai pukul 12.00 WITA – 17.00 WITA.
Rabu, 19 Maret 2014
  • Pembentukan Akademi Komunitas Negeri Bulungan : Penyusunan draf proposal tentang point visi dan misi serta visi dan misi program studi, dilaksanakan di SMKN 1 Tanjung selor dan dihadiri oleh guru – guru SMK dan CDO PT. PKN bersama advisor pendidikan. Kegiatan dimulai pukul 13.00 WITA – 17.00 WITA.
  • Desain sistem intranet : Penyusunan bahan simulasi intranet yaitu tentang buku elektronik, soal – soal ujian UASBN beserta pembahasan dan RPP, dilaksanakan di hotel Crown bersama advisor pendidikan bapak Ir. Soekarno Datu pada pukul 20.00 WITA – 23.00 WITA.
Kamis, 20 Maret 2014
  • Seminar tentang edmodo dan sistem intanet e-learning : Kegiatan dilaksanakan pada pukul 10.00 WITA dengan peserta dari guru – guru SDN 002 dan SDN 004 Tanjung Selor. Beberapa kegiatan yang dilakukan adalah simulasi download buku atau bahan ajar, simulasi download soal – soal ujian dan simulasi penggunaan sistem intranet e-learning. Pemberian materi tentang edmodo dan belajar online.
  • Pembentukan Akademi Komunitas Negeri Bulungan : Penyusunan draf proposal tentang point SWOT, dilaksanakan di SMKN 1 Tanjung selor dan dihadiri oleh guru – guru SMK dan CDO PT. PKN bersama advisor pendidikan. Kegiatan dimulai pukul 13.00 WITA – 17.00 WITA.
Jum’at, 21 Maret 2014
  • Meeting bersama Manager PT. PKN dan Advisor pendidikan : Rapat dilaksanakan pada pukul 10.00 WITA di Sengkawit kantor PT. PKN. Rapat kali ini membahas tentang beberapa kegiatan advisor selama empat hari dan melaporkan hasil seminar yang telah dilaksanakan tentang sistem intranet dan rencana pelatihan edmodo. Selain itu laporan progres kegiatan mahasiswa magang D4 ITB tentang project yang telah di buat atau masih dalam tahap pembuatan.
Sabtu, 22 Maret 2014
  • Kegiatan di kantor PT. PKN : Persiapan proyek yang telah dibuat dan yang masih dalam proses pembuatan untuk dilaporkan oleh manager comdev pada rapat bulanan PT. PKN.
Minggu, 23 Maret 2014
  • Off day : Istirahat dan menyiapkan data – data posyandu untuk bulan februari dan laporan mingguan kegiatan magang untuk postingan di blog.

No comments :

Post a Comment