16 March 2014

Laporan kegiatan magang minggu ke X (10 – 16 Maret 2014)

Peta desa dampingan Comdev

Kegiatan yang dilaksanakan dalam minggu ke 10 ini adalah pembuatan database peta wilayah dampingan comdev, namun sebelumnya saya telah membuat database untuk posyandu dan kelompok masyarakat. Peta ini dibuat dengan memanfaatkan google maps dalam pencitraan wilayahnya. Tujuan pembuatan peta wilayah dampingan ini untuk melihat data jumlah posyandu, kemas dll sekitar program dan monev (monitoring dan evaluasi) bulanan para CDO (comdev officer) disetiap wilayah dampingannya. Pembuatan peta berbasis GIS (Geographic Information System)  ini merupakan salah satu dari database comdev. Database comdev yang sedang dibangun oleh rekan team diantaranya beasiswa, keuangan dan inventori barang.
Proses pemanfaatan GIS

Departemen comdev yang mempunyai wilayah dampingan berdasarkan pada site tambang. Desa – desa sekitar tambang itu tergabung dalam 3 wilayah, yaitu KMO, SMO dan RMO. Setiap desa dampingan mempunyai satu penanggung jawab atau CDO (Comdev Officer) diantaranya :

A. Wilayah KMO (Kelubir Mine Operation)
  1. Dedy Kusuma : Sekatak bengara, panca agung, kelubir, ardimulyo, Ruhui rahayu.
  2. Iswansyah : Silva rahayu, Karang agung, salimbatu, salimbatu SP7, Pimping.
B. Wilayah SMO (Sekayan Mine Operation)
  1. Dedi Hariadi : Tengkapak, Tanjung Selor, Jelarai Selor, Tanjung Buka.
  2. Safariza : Apung, Bukit Indah, Bumi Rahayu, Gunung Sari.
  3. Muhammad Yusuf : Sajau pura, Tanjung Agung, Sajau Hilir, Wonomulyo.
C. Wilayah RMO (Rangau Mine Operation)
  1. Fajarmansyah : Binai, Tanah Kuning, Sajau Metun, mangkupadi.
Dengan prinsip 4 pilar comdev yaitu di bidang kesehatan, sosial, ekonomi dan budaya maka setiap bulannya minimal ada pemantauan atau monitoring serta evaluasi oleh para CDO untuk lancarnya program yang dilaksanakan Comdev PT. PKN. Program – program tersebut diantaranya pemberian beasiswa pendidikan, pengembangan pendidikan, kelompok masyarakat, peningkatan kualitas kesehatan dan pendorong perekonomian dengan membentuk usaha – usaha mikro dll.

Setiap program tersebut dapat berjalan sesuai dengan rencana dan tepat sasaran jika di dukung oleh data yang valid. Oleh karena itu pembuatan database sangat diperlukan untuk menentukan standar dan hasil akhir pencapaian dari setiap program yang sesuai dengan visi misi PT. PKN. Berikut demo peta wilayah comdev yang telah dibuat :

No comments :

Post a Comment