31 March 2014

Laporan kegiatan magang minggu ke XII (24 Maret – 30 Maret 2014)

Suasana perjalanan pelatihan ke 
SDN 004 Tanjung Palas Tengah

Magang di minggu ke12 ini ada beberapa kegiatan yang dilakukan yaitu melakukan pemasangan antena pengguat sinyal di desa metun sajau, rapat bersama kepala dinas pendidikan kabupaten bulungan tentang proposal AKA Negeri Bulungan dan melanjutkan pelatihan komputer dasar di SDN 004 Tanjung Palas Tengah. Deskripsi kegiatannya sebagai berikut.

Senin, 24 Maret 2014
Membuat Laporan database kesehatan, kemas dan GIS comdev. Selain itu melanjutkan desain tahap akhir pembuatan comdev news edisi 2 yaitu desain cover dan header and footer final.

Selasa, 25 Maret 2014
Pengabungan database dan pengerjaan database kelompok masyarakat (80%).

Halaman pengelolaan data kemas

Pemasangan antena penangkap sinyal di desa metun sajau. Antena tersebut dipasang di dua tempat yaitu SMPN 1 Tanjung Palas Timur dan di SDN 003 Tanjung Palas Timur. Selain pemasangan antena kami juga melakukan konfigurasi modem wifi di kedua tempat tersebut. Antena tersebut di dapat dari bantuan PKN untuk pendidikan di desa metun sajau, karena keadaan sinyal yang sangat terbatas (sinyal maks 2G).

Jenis antena

Setting antena dengan Rian, admin comdev 
di rumah bapak fajar CDO


Rabu, 26 Maret 2014
Setelah melakukan pengabungan dan beberapa persiapan, tiba saat Instalasi database comdev (75%) untuk simulasi dan pelaporan hasil progress pembuatan database comdev. Database tersebut merupakan gabungan dari data empat pilar yang dimiliki oleh comdev.

 
Hasil pengabungan (Bertambah menu bagian atas)

Berdasarkan hasil kesepakatan antara PKN dan Guru – guru, maka pelatihan komputer dasar dilanjutkan ke tahap pemanfaatan internet. Namun ketika seminar tentang penggunaan intranet seminggu yang lalu, telah dihadiri oleh guru – guru SDN 004 Tanjung Palas Tengah dan kemudian mereka meminta untuk mengadakan pelatihan di SD mereka. Materi yang dibawakan adalah tentang penggunaan komputer tingkat dasar yaitu pengoperasian microsoft office dan dijadwalkan selama sebulan dari senin sampai kamis dalam seminggunya.

Suasana pelatihan bersama 
guru - guru SDN 004 Tanjung Palas Tengah


Kamis, 27 Maret 2014
Hari ke empat ini di awali dengan kegiatan dikantor yaitu membuat laporan Triwulan Comdev, karena teman – teman yang lain masih sibuk menyelesaikan database (Database saya sudah (80%) maka saya yang mengambil tugas pembuatan laporan tersebut. Pada siang hari sekitar pukul 13.00 WIB kami mulai pergi ke SDN 004 Tanjung Palas Tengah untuk melanjutkan pelatihan komputer dasar.

Jum’at, 28 Maret 2014
Pelatihan hari kedua ini masih membahas tentang office word. Kali ini guru – guru dilatih untuk membiasakan melakukan pengetikan dan penggunaan mouse (Maklum sudah pada lanjut usia, sehingga cepat lupa).

Sabtu, 29 Maret 2014
Rapat bersama tim penyusun proposal Akademi Komunitas (AKA) Negeri Bulungan di dinas pendidikan kabupaten Bulungan, rapat ini dipimpin oleh dinas pendidikan dan dihadiri oleh bapak Jamal selaku kepala dinas pendidikan kabupaten bulungan. Rapat kali ini membahas kelanjutan dari proposal AKA, dan kami dari TIM Magang D4 ITB mendapat tugas untuk membuat surat dan beberapa lampiran untuk keperluan proposal AKA. Kegiatan dimulai dari pukul 09.00 WITA dan berakhir pukul 12.00 WITA, kemudian kegiatan dilanjutkan di kantor. 

Rapat bersama pembahasan proposal AKA Bulungan

Sekitar pukul 17.00 WITA kami memutuskan untuk pergi ke kesultanan bulungan untuk wisata sejarah kesultanan yang ada di bulungan hingga pukul 18.0 WITA kegiatan tersebut di tutup dengan makan sanggar/ gorengan, mie ayam dan es durian di tepian sungai.

Kediaman Sultan Bulungan

Minggu, 30 Maret 2014
Istirahat sambil mengerjakan beberapa point laporan Triwulan Comdev.


No comments :

Post a Comment