26 March 2014

Pendirian Akademi Komunitas Negeri Bulungan


Kali ini ingin membahas tentang kegiatan yang dilaksanakan di bulan maret 2014 ini. Beberapa minggu kemarin kami dari tim magang D4 ITB yang sedang magang di PT. PKN mendapat tugas untuk membantu administrasi proposal tentang pembuatan Akademi Komunitas (AKA) Negeri Bulungan. Proposal itu sebenarnya telah selesai dibuat oleh tim guru - guru dan dinas serta instansi terkait dalam pembentukan AKA tahun 2013 lalu. Namun di awal januari 2014 ini terjadi beberapa perubahan, diantaranya data proposal awal yang telah dibuat harus dilengkapi dengan berkas lainnya. Oleh karena itu diperlukan kerja cepat untuk segera menyelesaikan proposal tersebut. Tugas kami membantu kelancaran dalam pembuatan proposal dan memberikan beberapa informasi yang sekiranya diperlukan.

Get Adobe Flash player

Berdasarkan sumber dari : 
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan mendirikan Akademi Komunitas (AK) Negeri di 20 kabupaten/kota di Indonesia. Mendikbud, M Nuh, mengatakan AK adalah bagian dari amanat Undang-Undang Pendidikan Tinggi (UU Dikti). AK bertujuan penguatan pendidikan vokasi dan mendongkrak Angka Partisipasi Kasar (APK) pendidikan tinggi. Masing-masing mahasiswa yang selesai menempuh program pendidikan ini akan mendapat gelar setara dengan D1 atau D2. Nantinya, kedua puluh akademi negeri itu menjadi percontohan atau model bagi AK swasta yang didirikan oleh masyarakat. AK negeri pertama akan didirikan di kampung halaman Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono di Pacitan, Jawa Timur, 9 September mendatang. AK yang didirikan dengan total biaya mencapai Rp 50 miliar ini akan berfokus pada bidang otomotif, pertanian, teknologi informasi, dan perhotelan."AK Negeri ini akan kita dirikan sebagai model. Anggaran pendiriannya juga berbeda-beda disesuaikan dengan kebutuhannya," kata Nuh, di Jakarta, Jumat (24/8/2012).
Selain Kabupaten Pacitan, Kabupaten/kota yang akan menjadi lokasi pendirian AK Negeri itu adalah Kabupaten Kerom, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Muko-muko, Kota Blitar, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Aceh Barat, Kabupaten Sumenep, Kabupaten Lampung Tengah, Kabupaten Situ Bondo, Kabupaten Rejong Lebong, Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Kolaka, Kabupaten Tanah Datar, Kota Mataram, Kota Prabu Mulih, dan Kabupaten Tuban.

Nuh juga menjelaskan bahwa harus diimbangi dengan pembiayaan yang murah dan terjangkau oleh setiap mahasiswa. Pasalnya, AK merupakan lembaga pendidikan tinggi alternatif untuk para siswa yang lulus dari sekolah setingkat SMA. Biaya kuliah di AK dijamin akan lebih murah dan lebih terjangkau dibandingkan dengan politeknik. Menurut dia, semua itu harus diimbangi dengan investasi pemerintah yang lebih besar. Menurut Nuh pula, AK terintegrasi dengan digelontorkannya Bantuan Operasional Sekolah jenjang SMA (BOSM). Di mana para siswa lulusan jenjang SMA akan memiliki alternatif lain untuk mengecap pendidikan tinggi. "Itu tekad kita, mati-matian supaya mereka mau melanjutkan (pendidikan)," tandasnya. Nuh sempat mengatakan pula bahwa banyak pihak swasta dan perusahaan-perusahaan yang berminat ingin mendirikan AKA.

Potensi pendirian Akademi Komunitas Bulungan
Ada beberapa hal yang melatar belakangi untuk membentuk AKA di Bulungan yaitu memecahkan permasalahan rendahnya kualifikasi dan kompetensi angkatan kerja di masyarakat termasuk karyawan /pekerja di Dunia Usaha/Industri, maka diusulkan pendidikan vokasi Akademi Komonitas Negeri terpadu dengan BLK Plus agar lulusan dan karyawan mempunyai daya saing dan daya serap di lapangan kerja. Sekaligus tercipta kerjasama untuk mengantisipasi AFLA 2015. Mempercepat terlaksananya pembangunan fisik sarana dan prasana, maka  Bulungan mengusulkan kerjasama sharing sumber daya antara Dirjen Pendidikan Tinggi, Pemerintah Kabupaten Bulungan dan PT. PKN, untuk  membangun Pendirian Lembaga Pendidikan Vokasi Akademi Komunitas Negeri, guna membangun Infrastruktur Human Capital yang berbasis pada visi misi pembangunan pemerintah Kabupaten Bulungan. Beberapa potensi yang ada di kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara.
  • Potensi Pertanian rencana akan dibangun food estate
  • Potensi Perkebunan
  • Potensi Pertambangan dan migas
  • Potensi perikanan
  • Potensi kehutanan
  • Wisata Bahari
  • Wisata Alam
  • Wisata Sejarah
Sampai saat ini ( 26 Maret 2014 ) proses penyusunan proposal masih berlanjut oleh beberapa penanggung jawab dari setiap point - point yang ada di proposal. Manfaat AKA ini sangat terasa bagi daerah yang memerlukan sumber daya manusia yang siap pakai dan berkompeten di bidangnya dengan hadirnya AKA maka kebutuhan SDM tersebut dapa terealisasikan.

Sumber :
Kerangka proposal Akademi Komunitas Bulungan
permendikbud48thn2013

1 comment :