04 February 2014

Sebuah cerita dari Pak Sugianto

Pak Sugianto

Melanjutkan cerita dari seminggu jadi offroader akhirnya 45 menit perjalanan telah saya lalui untuk datang ke SDN 010 Tanjung Palas Utara, saya memasuki ruangan B sedangkan rekan saya memasuki ruangan A. Teryata kita terlambat 15 Menit dari waktu yang telah disepakati kemudian saya meminta maaf dan menceritakan alasan saya kepada bapak dan ibu guru yang telah hadir terlebih dahulu. “Memang kalau semalam hujan, jalanan disini tak tentu”, jawab seorang ibu guru dan merekapun memakluminya. Saya sangat bangga dengan semangat yang mereka perlihatkan, karena menurut mereka teknologi yang ada saat ini sangat membantu untuk kegiatan mereka sebagai tenaga pengajar. Walaupun di daerah pelosok yang tak jauh dari perbatasan negeri ini,tidak ada diskriminasi untuk masalah ilmu. Kondisi bapak dan ibu guru disini belajar aplikasi pengolah data (office) secara otodidak mereka tahu cara menggunakannya hanya dengan coba – coba saja belum tahu persis apa yang telah mereka kerjakan dan lakukan.
Tempat pelatihan

Persiapan pelatihan
Pelatihan dilaksanakan selama seminggu dengan materi office yang berbasis KBM sehingga implmentasinya dapat terasa ketika melakukan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Minat terhadap pelatihan ini memang begitu besar dengan terlihat dari peserta yang mengikuti pelatihan dari hari kehari semakin bertambah, disela – sela pelatihan pun kami buka sesi tanya jawab terhadap permasalahan teknologi yang dihadapi para bapak dan ibu di daerah tersebut. Melihat potensi teknologi yang cukup besar, saya juga tidak lupa untuk mngenalkan internet, Jaringan internet di daerah SP5 ini sangat bagus karena memang daerahnya berada di dekat tower. Sinyal 3G sampai HSDPA sehingga akses internet sangat cepat. Internet merupakan sumber ilmu yang tak terbatas, oleh karena itu pelatihan ini memang hanya seminggu namun semangat belajar harus terus membara dengan adanya resource internet yang tersedia untuk daerah mereka.


Pelatihan Office

Guru - guru SD

Selama masa pembelajaran itu saya ditemani oleh pak sugianto, beliau merupakan kepala sekolah SDN 010 Tanjung Palas Utara. Pak sugianto ini asli orang jawa namun telah lama di kalimantan menjadi warga trans di daerah Ruhui rahayu ini, ia pun membawa serta istri dan anak – anaknya. Selama menjadi kepala sekolah pak sugianto sangat berperan aktif sebagai tenaga pendidikan yang menggiatkan penggunaan teknologi di lingkungan pendidikan khususnya di SD yang dia pimpin. “Saya berani bersaing dengan sekolah – sekolah yang ada di jawa sana dan saya juga berusaha untuk meningkatkan kualitas guru dilingkungan SD saya”, kata pak sugianto. Memang betul itu saya lihat perbandingannya sendiri, bukan dari  kualitas dan peralatan yang memadai saja namun semangat mereka lah yang patut kita kagumi.

Jika sekolah atau lembaga pendidikan mempunyai batas usia dalam menuntut ilmu, semangatlah yang terus membara untuk mencari ilmu. Pak sugianto saat ini sedang membangun SMP Negeri yang ia rintis pada tahun 2013, beliau berusaha sekuat tenaga untuk membangun SMP di kawasan tersebut. Selain itu juga jika ada waktu luang, komputer – komputer dirumahnya pun dipergunakan untuk latihan anak – anak muridnya yang setiap hari ada jadwal masing – masing murid karena terbatasnya komputer yang ada. Pak Sugianto ini orangnya gaul juga, selain ia melek teknologi juga gayanya yang tegas dan lugas. Karena medan perjalanan yang terjal dan berlumpur, beliau sering menggunakan motor trail dan begaya ala pembalap motor setiap ia pergi ke sekolah. Perlengkapan seperti halnya pembalap motor cross, lengkap dengan boot, helm, kaca mata, jaket kulit dan sarung tangan menjadi kostum wajib sehari – hari. Namun sekarang ia ditugaskan di sekolah yang cukup dekat dengan rumahnya namun kondisi nya sekolahnya masih perlu diperbaiki. End.


Suasana Pelatihan

Suasana Pelatihan

No comments :

Post a Comment