25 January 2014

Pelatihan Microsoft Office untuk kebutuhan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)

Tanjung Selor kabupaten bulungan kalimantan utara merupakan tempat pertama yang kami kunjungi untuk melakukan pelatihan mengenai komputer dasar office meliputi Microsoft Word Microsoft Excel dan Microsoft Powerpoint. Tanjung selor merupakan ibukota dari provinsi kalimantan utara dan merupakan daerah yang cukup maju sebagai kota pusat pemerintahan pemerintah provinsi kalimantan utara. Untuk melakukan pelatihan selama seminggu yaitu mulai tanggal 13 – 18 Januari 2014 yang melibatkan guru – guru SD dan SMP di daerah sekitarnya tempat pelaksanaan berada di SMP N 003 Tanjung Selor dengan total peserta 37 guru dengan rincian 19 guru SMP dan 18 Guru SD. Saya melakukan pelatihan untuk guru SMP, materi dimulai dengan microsoft powerpoint untuk menampilkan bahan ajar mereka kedalam persentasi untuk mendukung pencapaian daya serap siswa terhadap materi yang diberikan. Guru – guru smp di tanjung selor memang sudah mempunyai dasar – dasar tentang penggunaan microsoft word sehingga tidak terlalu sulit untuk mempelajari microsoft powerpoint. 

Suasana Pelatihan




Guru - guru SMP sedang pelatihan office

Pelatihan hari pertama dan kedua tentang microsoft office powerpoint meliputi cara memasukan materi atau bahan ajar dari word atau pdf, memasukan beberapa media pendukung seperti tabel, grafik, smartGrafik, gambar/photo dan video/animasi dan suara. Setelah itu melakukan tahap desain meliputi pemberian tema background, gradasi warna, transition slide dan animation. Terakhir bapak dan ibu guru SMP diberikan tugas untuk membuat satu presentasi yang memuat tentang bahan ajar yang akan disampaikan kepada siswanya. Hasilnya cukup memuaskan dengan materi yang saya sampaikan selama dua hari itu mampu guru – guru serap dengan baik.





Pelatihan hari ketiga dan ke empat tentang microsoft excel meliputi cara membuat fungsi – fungsi dan operasional matematika, pembuatan fungsi operasional antar sheet, pembuatan fungsi tabel referensi, pembuatan grafik dari data – data yang sudah ada hingga penghitungan umur dari tanggal lahir serta memecahkan permasalahan yang dihadapi dalam penunjang KBM di kelas. Diharapkan dengan melakukan pelatihan excel ini dapat memudahkan bapak/ibu guru dalam mengolah data hasil KBM dengan mudah dan efesien.


Hari terakhir yaitu tentang pengantar internet, kebutuhan email, pengenalan portal belajar edmodo, download buku atau bahan ajar gratis, download buku sekolah elektronik, buku digital sigil dan implementasi dalam kegiatan belajar mengajar dengan memanfaatkan media internet. Salah satu kendala untuk praktikum yaitu koneksi atau jaringan internet yang kurang memadai sehingga waktu yang digunakan terbuang untuk menunggu akses internet terhadap salah satu halaman atau alamat situs website. Namun dengan demikian wawasan dan keingintahuan sudah terbuka dan untuk kedepannya tinggal kita pikirkan bagaimana penggunaan internet dapat mendukung proses belajar mengajar bapak/ibu guru dikelas.



Demikian hasil pelatihan guru SD dan SMP di wilayah dampingan PT. PKN yang bertempat di SMP N 003 Tanjung Selor. Semoga dengan tulisan ini dapat memacu semangat untuk terus belajar dan belajar terhadap perkembangan teknologi saat ini dan berfikir positif untuk memanfaatkannya dalam kehidupan sehari – hari, Terimakasih banyak pengalaman yang bisa saya dapat dari kegiatan tersebut, banyak pelajaran yang dapat saya ambil dan menjadi bahan evaluasi terhadap diri tentang ilmu yang saya dapat selama ini. Berbagi ilmu untuk bersama, Indonesia luar biasa!.

Guru SD


Guru SMP




No comments :

Post a Comment