05 September 2014

Minggu ke-4 di Rekam Medis RS. Muhammadiyah Bandung

Ruangan penyimpanan berkas Medrek RS. Muhammadiyah Bandung
Tiga minggu sebelumnya kami berada di bagian keperawatan yang dipimpin oleh bapak Taufik untuk membantu kelancaran penggunaan Sistem Informasi Managemen Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung (RSMB) dalam pelayanan kesehatan rawat inap. Implementasi SIM RSMB ini mempunyai berbagai macam permasalahan terutama menyangkut penggunaan aplikasi oleh user. Namun segala permasalahan tersebut menjadi masukan untuk perbaikan sistem dan perlu adanya peningkatan kualitas SDM untuk menunjang segala bentuk pelayanan medis kedepannya. 
Selanjutnya kami di tugaskan untuk mempelajari sistem yang berjalan di bagian Rekam Medis dan menampung permasalahan serta keluhan yang muncul dalam implementasi SIM RSMB untuk memenuhi kebutuhan yang ada di bagian Rekam Medis yang dipimpin oleh bu Sumijah. Menurut informasi pembuatan aplikasi Rekam Medis ini sudah ada sebelumnya namun berbasis Desktop sehingga data yang di masukan masih manual dari data harian yang ada, oleh karena itu dibuat aplikasi berbasis web agar sinkronisasi data dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan Rekam Medis dari beberapa Instalasi yang ada di RSMB.

A.  Pengertian rekam medis
Pengertian Rekam Medis menurut Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia NOMOR 269/MENKES/PER/III/2008 Tentang Rekam Medis Menteri Kesehatan Republik Indonesia pada BAB I Ketentuan Umum disebutkan bahwa Rekam Medis adalah berkas yang berisi catatan dan dokumen antara lain identitas pasien, hasil pemeriksaan, pengobatan yang telah diberikan, serta tindakan dan pelayanan lain yang telah diberikan kepada pasien. Peraturan Menteri Kesehatan tersebut dapat di download melalui google drive saya dengan alamat : https://drive.google.com/file/d/0B_x3RMsRrjmca2RzZUhmUTdXZlk/edit?usp=sharing

B.  Gambaran umum aplikasi RSMB
Pada aplikasi SIM RSMB data yang dimasukan sudah terpusat dan terhubung dengan semua bidang yang ada di Rumah Sakit, salah satunya adalah aplikasi dibagian Rekam Medis yang data – data tersebut diperoleh dari semua kegiatan pelayanan rumah sakit baik itu Rawat Jalan, Rawat Inap, Operasi dan lain – lain. Namun dengan adanya kebijakan dan SOP (Standard Operating Procedure) dapat membatasi hak akses aplikasi yang digunakan sesuai tugas pokok dan hak masing – masing bagian di rumah sakit, Oleh karena itu menu – menu yang dimunculkan di bagian Rekam Medis ini adalah Front Office, Laporan, Master Data, Medical Record, Pelayanan dan Report. Semua data Rumah Sakit bermuara di bagian Rekam Medis, Data tersebut nantinya dapat menjadi bahan laporan, indikator rumah sakit, indikator pelayanan, analisis kebijakan, kebutuhan data diagnosa dokter, Kebutuhan administrasi pasien dan lainnya dikerjakan oleh bagian Rekam Medis ini.


Struktur Organisasi Rekam Medis
Salah satu screenshoot aplikasi MedRec

C.  Kegiatan yang dilakukan
Kegiatan utama yang kami lakukan di bagian Rekam Medis ini adalah sebagai jembatan penghubung antara pengguna/user dan pembuat program/programmer untuk memfasilitasi setiap tambahan, requirement dan permasalahan yang muncul dari setiap penggunaan aplikasi untuk bidang Rekam Medis. Selain itu kami juga membantu kelancaran dalam pelayanan medis agar data yang di dapatkan cepat, tepat dan akurat serta membantu meringankan tugas perekam medis, kamipun sangat berterimakasih telah berkesempatan untuk melakukan magang di bagian Rekam Medis ini karena sangat membantu untuk menunjang pendidikan yang sedang kami jalani.



No comments :

Post a Comment