13 October 2012

Proses pembuatan kabel LAN CROSS dan STRAIGHT

 Peralatan dan Bahan
a. Peralaratan
1. Crimping tools
2. Tester checker
3. Switch / Hub
b. Bahan
1. Kabel UTP
2. Konektor RJ45

  Cara Kerja
1. Menyusun warna kabel
                        Potong kulit kabel kira kira 5 cm untuk memudahkan dalam proses penyusunan warna dan ratakan ujung kabel dengan pisau pemotong kabel di crimping.

            a. menyusun warna kabel Straight
                        kabel straight adalah kabel yang menggunakan standar yang sama pada kedua ujung kabelnya. Jadi intinya pin 1 pada salah satu ujung kabel akan terhubung dengan pin 1 dengan ujung yang satu lagi dan seterusnya.
                 Dalam praktikum yang saya kerjakan, saya menggunakan susunan warna yang berbeda dengan yang standar. Tapi intinya tetap sama.

                 Susunan warna kabel Straight :
1.      Putih Orange
2.      Orange
3.      Putting Hijau
4.      Hijau
5.      Putih biru
6.      Biru
7.      Putih Coklat
8.      Coklat

Kabel Straight berguna untuk menguhubungkan komputer ke switch
Sudah dilakukan tes dengan tester, proses jalannya kabel  ini adalah
1 – 1, 2 – 2, 3 – 3, 4 – 4, 5 – 5, 6 – 6, 7 – 7, 8 – 8

b. Menyusun kabel Cross
     menyusun warna pada kabel cross harus disesuaikan dengan kabel straight yang dibuat diawal. Karena kabel straight yang saya buat diawal dengan warna Putih Orange – orange, Putih hijau – Hijau, Putih Biru – Biru, Purih Coklat – Coklat maka

susunan warna pada kabel Crossnya adalah :
1.         Putih Hijau
2.         Biru
3.         Putih Orange
4.         Hijau
5.         Putih Biru
6.         Orange
7.         Putih Coklat
8.         Coklat
Sudah dilakukan tes dengan tester, proses jalannya kabel ini adalah
1 – 3;  2 – 6;  3 – 1;  4 – 4;  5 – 5;  6 – 2;  7 – 7;  8 – 8;

2. Memasang RJ45
            Setelah warna selesai disusun, masukan kabel yang telah disusun warnanya ke konektor RJ45. Posisi konektor waktu kita akan mesukan kabel adalah katup konektor harus berada di bawah. Ratakan ujung kabel dengan pisau pemotong kabel yang ada di crimping lalu masukan kabel ke konektor RJ45 sampai ke dalam, sebelum di crimping pastikan kabel sudah pas masuk atau terpasang kedalam konektor RJ45. Setelah itu lakukan proses crimping.
3. Proses Crimping
            Setelah kabel dipasangkan dengan konektor RJ45 kita melakukan proses crimping yang berguna mengunci konektor dengan kabel supaya kabel lan bisa dipakai. Masukan konektor yang sudah dipasangkan dengan kabel ke crimping, pilih dulu dudukan konektornya di crimping, karena kita menggunakan RJ45 pilih RJ45, lalu apit konektor tersebut sampai berbunyi “clik”, kalau sudah kabel LAN sudah siap untuk di uji dengan tester.
4. Tester Checker
            Setelah kabel berhasil dicrimp, tes kabel yang dibuat dengan tester tersebut, tester berguna untuk mengecek betul atau salah proses jalannya kabel yang dibuat tersebut. Lampu tester akan hidup apabila hubungan antara ujung  ke ujung sesuai dengan urutan warna yang telah ditentukan. Jika di kabel lampunya hidup secara acak dengan urutan angka 1 – 3, 2 – 6, 3 – 1, 4 – 4, 5 – 5, 6 – 2, 7 – 7, 8 – 8, berarti kabel yang disusun betul. Dan pada kabel straight lampunya hidup secara berurutan dengan urutan angka 1 – 1, 2 – 2, 3 – 3, 4 – 4, 5 – 5, 6 – 6, 7 – 7, 8 – 8, berarti kabel yang disusun betul

No comments :

Post a Comment